Senin, 05 November 2012

Contoh Laporan Pertanggungjawaban Panitia Qurban


PATISAH
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQLm79zMmuIBmYm6-jYHNIju73E-73Clb8bneQYDsdb6KjGWJkcAA


LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PANITIA QURBAN
MASJID PATISAH

-
2012M/1433 H




LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PANITIA QURBAN
MASJID PATISAH 1433H/2012M

I. PENDAHULUAN
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Illahi robbi yang telah memberikan kemudahan dalam melaksanakan amanat yang telah diterima sebagai panitia Idhul Adha Masjid Patisah. Sholawat serta salam tercurah kepada junjungan Rosulullah Muhammad SAW beserta Sahabat, Keluarga, Tabiit-Tabiin, hingga umatnya sampai akhir jaman.
 Pelaksanaan pemotongan hewan qurban dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya, walaupun tentunya masih banyak kekurangan yang akan menjadi bahan evaluasi untuk melaksanakan pemotongan hewan qurban pada tahun berikutnya. Untuk tertib administrasi dan sesuai dengan prinsip amanah, maka disusunlah laporan pertanggung jawaban ini.

II. TUJUAN KEGIATAN
1.      Sebagai realisasi dakwah dan syiar Islam
2.      Menjalin silaturahmi dan mempererat ukhuwah Islamiyah
3.      Menanamkan rasa kepedulian dan kepedulian sosial
4.      Sarana mengeksternalisasi diri dalam ibadah sosial
5.      Meringgankan beban kaum dhuafa, berbagi rizky dan kasih sayang kepada umat

II. NAMA KEGIATAN                                                     
Kegiatan ini dinamakan “Pelaksanaan Qurban 1433 H”

III. LAPORAN KEUANGAN
(Terlampir)

IV. SUSUNAN PANITIA
(Terlampir)

V. EVALUASI KEGIATAN
·         Pada  qurban tahun ini panitia menerima hewan qurban  berupa 5 ekor sapi dan 13  ekor kambing. 
·         Pelaksanaan  pemotongan hewan qurban 1433 H, dilakukan pada Hari Sabtu,  Tanggal 27 November 2012 Jam 07:00  – 12.00 bertempat di Masjid Patisah.  Sedangkan pendistribusian daging qurban dilakukan mulai pukul 12:30  – 15:00.
·         Panitia mendatangkan Tim Potong Qurban dengan koordinator oleh Bp. Ngaid Muliawan sebanyak 8 jagal, karena belum ada warga yang berpengalaman dalam memotong daging qurban, sedangkan penyembelihan kambing di koordinir oleh Bp. Saiful Arif dan Bp. Sobirin.
·         Rekapitulasi distribudi daging (terlampir)
·         Pengurban patungan sapi masing-masing mendapat 6 Kg daging, untuk pengurban kambing diberikan 1 sampil kiri dan hati. Sedangkan untuk warga mendapat 6 ons daging ditambah tulang dan jerohan.
·         Pembagian daging untuk pengurban sudah berjalan dengan baik karena ada tenaga khusus.
·         Panitia berinisiatif penjualan kulit sapi dan kambing diberikan kepada 30 warga yang membutuhkan dilingkungan masjid Patisah. Semoga para peng-qurban dan donatur mengikhlaskannya.
·         Untuk kepala sapi dicacah sedangkan untuk kepala kambing diberikan kepada warga yang membutuhkan. Data yang mendapatkan kepala kambing (terlampir)

VI. SARAN/MASUKAN
Berdasarkan pelaksanaan kegiatan tersebut, terdapat beberapa  hal – hal berikut ini yang mungkin bermanfaat untuk perbaikan pelaksanaan kegiatan qurban di masa mendatang, yaitu: 
·         Diperlukan sosialisasi yang lebih luas kepada warga agar tidak ada beberapa warga  ada yang terlewat untuk berkurban. Diusahakan sebulan sebelum qurban dilakukan jemput bola.
·         Diperlukannya basis data yang lebih akurat dengan verifikasi dalam penerimaan hewan kurban agar tidak ada lagi kekeliruan dalam pemberian daging kurban kepada pengurban.
·         Diperlukan keamanan untuk mengawasi pemotongan daging dan tulang.
·         Perlunya koordinasi kepala dan kaki sapi serta kepala dan kaki kambing, diusahakan terlebih dahulu dikumpulkan menjadi satu terlebih dahulu sebelum diberikan kepada warga, agar mudah dalam pencatatan.
·         Untuk pencucian jerohan diusahakan jangan sampai kena tanah.
·         Perlengkapan yang digunakan mohon dikumpulkan lagi dan dirawat agar dapat digunaka lagi tahun depan.
·          
X. PENUTUP
Demikian laporan pelaksanaan Qurban Idul Adha 1433 H., dengan harapan semoga kita semua, Bapak/Ibu/Saudara/i sebagai pequrban maupun kami panitia pelaksana mendapat ridho dari Allah SWT. Amiin. Kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari berbagai pihak demi kesempurnaan kegiatan kami selanjutnya
Wassalamu’alaikum Wr. Wb
                                                                                    Surakarta, 2 November 2012
Mengetahui,
Takmir Masjid                                                          Ketua Panitia


    



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar